karena pada tugas keempat merupakan aplikasi dari pembuatan algoritma DDA, Brasenham, dan Midpoint.
dan pada tugas kali ini akan dibahas flowchartnya.
Pengertian Algoritma DDA, Brasenham , dan Midpoint.
1. Algoritma
digital differential analyzer(DDA)
Prinsip algoritma ini adalah mengambil
nilai integer terdekat dengan jalur garis berdasarkan atas sebuah titik yang
telah ditentukan sebelumnya (titik awal garis).
Algoritma
pembentukan garis DDA:
1. Tentukan
dua titik yang akan dihubungkan dalam pembentukan garis.
2. Tentukan
salah satu titik sebagai awal(x0,y0) dan titik akhir(x1,y1).
3. Hitung
dx=x1x0, dan dy= y1y0.
4.
Tentukan langkah, yaitu dengan cara
jarak maksimum jumlah penambahan nilai x maupun nilai y, dengan cara:
a. Bila nilai absolut dari dx lebih
besar dari absolut dy, maka langkah= absolut dari dx.
b. Bila tidak maka langkah=
absolutdari dy
5.
Hitung
penambahan koordinat pixel yaitu x_increment=dx/langkah, dan
y_increment=dy/langkah
6.
Koordinat
selanjutnya (x+x_increment, y+y_increment)
7.
Posisi
pixel pada layar ditentukan dengan pembulatan nilai koordinat tersebut.
8.
Ulangi
nomor 6 dan 7 untuk menentukan posisi pixel selanjutnya,sampai x=x1 dan y=y1.
2. Algoritma
Bresenham
Algoritma Bressenham tidak membulatkan
nilai posisi pixel setiap waktu. Algoritma Bressenham hanya menggunakan
penambahan nilai integer yang juga dapat diadaptasi untuk menggambar lingkaran.
Berikut
ini langkah langkah untuk membentuk garis menurut algoritma Bressenham:
1. Tentukan
dua titik yang akan dihubungkan
2. Tentukan
salah satu titik di sebelah kiri sebagai titik awal yaitu(x0,y0) dan titik
lainnya sebagai titik akhir (x1,y1).
3. Hitung
dx,dy,2dx dan 2dy-2dx.
4. Hitung
parameter p0=2dydx
5. Untuk
setiap xk sepanjang jalur garis, dimulai dengan k=0, Bila pk < 0, maka titik
selanjutnya adalah (xk+1,yk), dan pk+1=pk+2dy.
6. Bila
tidak, maka titik selanjutnya adalah(xk+1, yk+1), dan pk+1=pk+2dy2dx.
7. Ulangi
langkah nomor 5 untuk menentukan posisi pixel selanjutnya, samapai x=x1 dan
y=y1.
3. Algoritma
midpoint
Algoritma yang digunakan membentuk semua
titik berdasarkan titik pusat dengan penambahan semua jalur sekeliling
lingkaran
Langkah
langkah untuk membentuk lingkaran algoritma Circle Midpoint:
1.
Tentukan radius r dengan titk pusat
lingkaran(xc,yc) kemudian diperoleh
(x0,y0)=(0,r)
2.
Hitung nilai dari parameter P0=5/4r
3.
Tentukan nilai awal k=0, untuk setiap
posisi xk berlaku sebagai berikut:
a.
Bila Pk< 0, maka titik selanjutnya
adalah (xk+1,yk))dan Pk+1=Pk+2xk+1+1
b.
Bila tidak, maka selanjutnya adalah(xk+1,yk-1),
dan Pk+1=Pk+2xk+1+12yk+1 Dimana 2xk+1=2xk+2 dan 2yk+=2yk2
4.
Tentukan titik simetris pada ketujuh
oktan yang lain
5.
Gerakkan setiap posisi pixel(x,y) pada
garis melingkar dari lingkaran dengan titik pusat (xc,yc) dan tentukan nilai
koordinat:
x=x+xcy=y+yc
6.
Ulangi langkah ke3 sampai 5, sehingga
x>=y
Masing-masing
contoh terdapat di project
Flowchart Algoritma DDA
Algoritma Brasenham
Algoritma Midpoint.
Sekian trimakasih, Semoga Bermanfaat. :D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar